Manfaat Menyimpan Darah Tali Pusat

Beberapa waktu terakhir, makin banyak diketahui kemampuan Sel punca dalam darah tali pusat . Sejak tahun 2000, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa sel punca darah tali pusat dapat berkembang menjadi banyak tipe sel lain di dalam tubuh.

Penemuan yang menakjubkan ini telah mengarahkan penerapan aplikasi klinis dalam berbagai jenis penyakit, termasuk serangan jantung, cedera tulang belakang, dan diharapkan dalam beberapa tahun ke depan, kita dapat melihat tahap uji klinis penyakit penyakit seperti Cystic Fibrosis,penyakit Al zhaimers,hingga penyakit Diabetes.

Manfaat penyimpanan darah tali pusat :

  • Garansi kecocokan bagi transplantasi secara Autologus (donor dan resipien adalah orang yang sama).

    Transplantasi secara autologus berarti donor dan penerima sel punca adalah orang yang sama. Darah Tali pusat yang Anda simpan sekarang bagi bayi Anda , adalah sumber medis yang sangat potensial di masa mendatang. Anda tidak lagi membutuhkan pencocokan yang ketat dibandingkan metode transplantasi sumsum tulang yang konvensional dimana 70% pasien transplant sulit menemukan kecocokan didalam keluarganya1.
  • Penyimpanan Sel Punca Hematopetic yang langsung tesedia

    Pada kondisi tertentu dimana sel punca dibutuhkan secara mendadak untuk kepentingan transplantasi, memiliki darah tali pusat anak Anda yang sudah tersimpan jauh lebih baik dibandingkan jika Anda harus mencari sel punca untuk transplant secara national ataupun international, dimana keduanya akan sangat mahal dan membutuhkan waktu yang lama. Biaya pengadaan sampel darah tali pusat di Singapura diperkirakan sekitar $SD 75.000, itupun bila sel punca terdapat kecocokan.
  • Resiko Gravt Vs Host Disease ( GvHD) yang Rendah bagi transplantasi Autologus

    Gravt versus Host disease (GvHD) adalah komplikasi yang paling sering muncul dimana sel imun dari donor menyerang jaringan penerima sendiri. Keadaan ini biasanya muncul apabila donor transplant dan penerima transplant adalah orang yang berbeda.
  • Pengambilan sampel yang mudah , tidak menyakitkan dan bebas resiko bagi ibu dan Bayi.

    Pengambilan sampel darah tali pusat relative mudah dan dikerjakan oleh dokter spesialis kandungan anda.Proses pengambilan ini tidak berefek bagi proses kelahiran itu sendiri dan dapat dilakukan pada persalinan normal ataupun secara operasi Caesar.
  • Sel darah tali pusat lebih muda dan lebih primitive

    Apabila dibandingkan dengan sumber sel punca lainnya, misalnya sel punca dari sumsum tulang dan sel punca dari darah tepi, sel punca darah tali pusat memiliki engraftment yang lebih tinggi ( engrafment : adalah proses sel punca yang ditransplantasikan menemukan jalan mereka ke target organ dan mulai meregenerasi / kembali memproduksi sel darah ) Dalam hal ini sel punca darah tali pusat lebih cepat pertumbuhannya dan produksi sel darah yang sehat, juga lebih toleran terhadap ketidak sesuaian jaringan.
  • Terdapat 1 dari 217 kemungkinan penggunaan sel punca untuk pengobatan seumur hidup

    Statistik menunjukkan bahwa tiap 1 dari 217 jiwa setidaknya membutuhkan terapi sel punca dalam kehidupan mereka2. Darah tali pusat bayi Anda merupakan sumber yang kaya akan sel punca. Sejak tahun 1988, para dokter telah menggunakan sel punca darah tali pusat untuk menerapi 30.000 pasien3 yang menderita Leukimia, kanker lain, gangguan darah dan uji coba klinis yang lain.

    Simak wawancara dengan Dr Patrick Tan, Direktur Medis dan Hematologi di Rumah Sakit Mount Elizabeth tentang pentingnya penyimpanan darah tali pusat.

    Referensi:
    1 Be The Match website. www.bethematch.org. Assessed 21 Jul 2014
    2 Nietfeld JJ, Pasquini MC, Logan BR, Verter F, Horowitz MM. Lifetime probabilities of hematopoietic stem cell transplantation in the U.S Biology of Blood and Marrow Transplantation. 2008;14:316-322
    3 Ballen KK, Gluckman E, Broxmeyer HE. Umbilical cord blood transplantation: The first 25 years and beyond. 2013; Blood: 122(4)

Related items

  • Proses Pendaftaran Proses Pendaftaran

    Pengambilan yang Aman, Cepat dan Tanpa Menimbulkan Rasa Sakit

    Proses pengambilan darah tali pusat sangat sederhana yang tidak menimbulkan resiko untuk Ibu dan bayi. Sangat penting untuk memutuskan menyimpan darah tali pusat sebelum tanggal persalinan Anda sehingga Anda dapat menyiapkan prosedur pengambilan dengan baik. Kesempatan untuk mengambil darah tali pusat dan membran tali pusat bayi Anda hanya sekali seumur hidup – sesaat setelah kelahiran bayi Anda.

    Cara sederhana ikuti 5 tahapan mudah dibawah ini untuk bergabung dengan kami:

    • TAHAP1
      s3

      Bergabung dengan Cordlife

      Hubungi hotline 24 jam kami +6221 8379 7424 untuk membuat janji dengan staff konsultan kami. Sebagai pilihan lain, anda juga dapat meninggalkan data anda disini. Customer care kami segera menghubungi anda. Apabila anda sudah berada dalam ruang persalinan, mohon hubungi kami untuk bantuan segera

      * Jika waktu kelahiran bayi Anda sekitar 4-6 minggu kedepan, kami sangat menyarankan Anda untuk segera menghubungi kami untuk mendaftar karena ini akan memastikan semua langkah yang diperlukan dapat diselesaikan sebelum bayi Anda lahir.
    • TAHAP2
      step4

      Anda mendapat collection kit

      Setelah prosedur pendaftaran lengkap, kami akan menyediakan personal Cordlife cordblood colection kit. Kit ini berisi semua hal yang dibutuhkan untuk pengambilan darah tali pusat bayi anda.

      Harap simpan collection kit anda di tempat yang terlindung, pada suhu ruangan.

    • TAHAP3

      Informasikan dokter kebidanan anda

      Beritahu dokter kebidanan anda bahwa anda telah mendaftar dengan Cordlife untuk pengambilan darah tali pusat bayi anda.

    • TAHAP4
      step3

      Bawa collection kit anda

      Bawa personal collection kit anda ke rumah sakit pada hari anda melahirkan. Serahkan collection kit ini kepada perawat/dokter di ruangan rumah sakit setelah anda mendaftar di rumah sakit. Perawat akan mengambil sampel darah ibu. Setelah baik ibu dan bayi melalui proses persalinan dengan aman, dokter kebidanan anda akan mengambil darah tali pusat.

    • TAHAP5
      step1

      Hubungi kami setelah persalinan bayi anda

      Setelah bayi anda lahir, harap hubungi kami di +6221 8379 7424 dan berikan kami nama lengkap anda (atau sang istri), tanggal lahir, no yang dapat dihubungi dan nama rumah sakit.

      Darah tali pusat bayi anda akan kami bawa dalam waktu 24 jam.

    Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai penyimpanan darah tali pusat? Hubungi kami di +6221 8379 7424 /+62813 8060 5508 atau membuat janji sekarang. Konsultan kami dengan senang hati akan menjawab pertanyaan-pertanyaan Anda dan menjelaskan manfaat Penyimpanan Darah Tali Pusat.

  • Cordlife Care360 – Gratis untuk klien Cordlife Cordlife Care360 – Gratis untuk klien Cordlife
    Tambahan Perlindungan untuk Bayi Anda

    Di Cordlife, kami memahami kebutuhan dan kekhawatiran Anda sebagai orang tua. Program Perlindungan Cordlife Care360° kami rancang untuk memastikan perlindungan kesehatan menyeluruh untuk Anak dan orang yang Anda kasihi. Berikut ini rincian jaminan perlindungan yang diberikan.

    Janji Kami Untuk Jaminan Kualitas

    Cordlife memberikan jaminan kepada Anda unit darah tali pusat yang sesuai atau SGD$50,000 apabila unit darah tali pusat kehilangan viabilitas pada saat transplantasi sel punca hematopoetik (HSCT) secara autologus.

     
    Perlindungan Tambahan untuk Ibu dan Anak

    Cordlife memberikan perlindungan untuk kemungkinan komplikasi kehamilan dan penyakit bawaan pada bayi*, sehingga Anda dan keluraga dapat merasa tenang.
    *Syarat dan ketentuan berlaku

     
    CordLife Guard

    Cordlife GUARD

    Perlindungan Finansial Untuk Investasi Anda

    Cordlife telah menambah cakupan asuransi, untuk melindungi Anda dan keluarga Anda dari kerugian finansial yang disebabkan oleh malpraktek secara langsung.

    cordlife price watch

    Cordlife PRICEWATCH

    Harga Yang Transparan Untuk Kenyamanan Anda

    Cordlife menjamin bahwa biaya+ simpanan tahunan Anda akan tetap pada jumlah yang tertera dalam perjanjian untuk 21 tahun.


    +Biaya penyimpanan tahunan standar kecuali VAT.
     
    CordLife Assure

    Cordlife ASSURE*

    Membantu Anda Pada Saat Diperlukan

    Cordlife akan sepenuhnya menanggung biaya dari pemeriksaan Human Leukocyte Antigen (HLA)* dan Colony Forming Unit (CFU) Assay ketika Anda membutuhkan unit darah tali pusat untuk suatu HSCT secara autologus atau alogenik yang disetujui.

    *Ketentuan berlaku.

     
    cordlife transfer

    Cordlife TRANSFER^

    Menjamin Keamanan Pengiriman Darah Tali Pusat yang Berharga

    Cordlife akan mengurus biaya kurir dan proses logistik untuk mengirim darah tali pusat ke seluruh lokasi di Indonesia atau Singapura untuk HSCT sehingga Anda dapat fokus sepenuhnya memberi perhatian pada yang Anda kasihi.

     
    Cordlife Pledge

    Cordlife PLEDGE*

    Perluasan Dari Jaminan Kualitas Kami

    Suatu perluasan dari Cordlife Guarantee, Cordlife Pledge menanggung penggantian dari unit darah tali pusat yang sesuai atau SGD$ 50,000 dibayar apabila unit darah tali pusat kehilangan viabilitasnya pada saat transplantasi HSCT secara alogenik.

     
    CordLIfe Secure

    Cordlife SECURE^

    Siap Sedia Sepenuhnya Untuk Keadaan Darurat

    Dalam hal akses menuju lokasi fasilitas Cordlife terhambat, Cordlife akan melakukan usaha-usaha yang sesuai untuk mengirim darah tali pusat bayi Anda ke Singapura atau tempat lain yang dianggap tepat oleh Cordlife untuk pemrosesan dan penyimpanan kriogenik yang permanen. Biaya pengiriman, pemeriksaan tambahan dan Sepax® sebagaimana terdapat perbedaan biaya diawal akan ditanggung seluruhnya oleh Cordlife.

     
    cordlife max

    Cordlife MAX*

    Meningkatkan Kesuksesan Dari Transplantasi

    Cordlife menggunakan Sepax® suatu sistem pemrosesan yang sepenuhnya otomatis untuk memfasilitasi didapatnya sel punca yang optimal dari darah tali pusat bayi Anda sehingga yang Anda kasihi akan mendapat sel yang lebih banyak lagi untuk kesuksesan transplantasi yang maksimal.

     
    cordlife comfort

    Cordlife COMFORT^

    Cara Kami Menghemat Biaya Pengobatan Anda

    Cordlife akan menanggung biaya dari pemeriksaan HLA untuk HCST yang telah disetujui.



    *Hanya untuk klien yang menyimpan di Singapura. | ^Hanya untuk klien yang menyimpan di Indonesia. | Ketentuan lainnya berlaku.
  • Catatan penggunaan darah tali pusat Cordlife Catatan penggunaan darah tali pusat Cordlife

    Sampai hari ini, Cordlife Limited dan afiliasinya telah berhasil memproses dan mengirimkan lebih dari 250 unit darah tali pusat kepada klien kami diseluruh dunia. Catatan kami dalam hal ini adalah bukti yang nyata dari metode pemrosesan dan penyimpanan kami.

    RELEASE NO. MEDICAL CONDITION YEAR OF THERAPY TIME IN STORAGE RECIPIENT'S RELATIONSHIP TRANSPLANT HOSPITAL
    1 Acute Lymphoblastic Leukaemia 2002 < 1 year Sibling KK Women's & Children's Hospital
    2 Acute Lymphoblastic Leukaemia 2002 < 1 year Sibling KK Women's & Children's Hospital
    3 Thalassemia Major 2006 - Sibling University Malaya Medical Centre
    4 Acute Myeloid Leukaemia 2006 2 years 7 months Sibling University Malaya Medical Centre
    5 Acute Lymphoblastic Leukaemia 2007 - Sibling University Malaya Medical Centre
    6 Thalassemia Major 2008 1 year 7 months Sibling University Malaya Medical Centre
    7 Cerebral Palsy 2009 2 years 4 months Self Singapore Mount Elizabeth Hospital
    8 Cerebral Palsy 2009 3 years 2 months Self Vejthani Hospital, Bangkok
    9 Cerebral Palsy 2009 2 years 6 months Self Vejthani Hospital, Bangkok
    10 Brain Injury 2009 < 1 year Self Vejthani Hospital, Bangkok
    11 Thalassemia Major 2010 1 year 2 months Sibling Institut Pediatrik, GHKL
    12 Neuroblastoma 2010 2 years 11 months Self KK Women's & Children's Hospital
    13 Cerebral Palsy 2010 1 year 6 months Self Mount Elizabeth Hospital
    14 Thalassemia Major 2010 - Sibling Institut Pediatrik, GHKL
    15 Cerebral Palsy 2010 1 year 2 months Self Vejthani Hospital, Bangkok
    16 Cerebral Palsy 2010 < 1 year Self Vejthani Hospital, Bangkok
    17 Neuroblastoma 2011 2 years 5 months Self Queen Mary Hospital
    18 Thalassemia Major E beta Thalassemia 2011 2 years Sibling Netaji Subhash Chandra Bose Cancer Research Institute
    19 Brain Injury 2011 2 years 11 months Self Vejthani Hospital, Bangkok
    20 Acute Myeloblastic Leukaemia 2012 1 year 1 month Sibling Peking University First Hospital
    21 Cerebral Palsy 2012 1 year 8 months Self Duke University Hospital
    22 Thalassemia Major 2013 3 years 1 month Sibling University Malaya Medical Centre
    23 Juvenile Myelomonocytic Leukemia (JMML) 2013 < 1 year Sibling KK Women's & Children's Hospital
    24 Cerebral Palsy 2013 < 1 year Self Madonna and Child Hospital (Cagayan de Oro)
    25 Hypoxic-Ischemic Encephalopathy 2014 < 1 year Self Mount Elizabeth Hospital
    26 Cerebral Palsy 2014 2 years 10 months Self^ CHA Bundang Medical Center
    27 Cerebral Palsy 2014 2 years 10 months Self^ CHA Bundang Medical Centre^
    28 Cerebral Palsy 2014 4 years 8 months Self Mount Elizabeth Hospital
    29 Thalassemia Major 2014 3 years 8 months Sibling Institut Pediatrik, GHKL
    30 Cerebral Palsy 2015 1 year 8 months Self Mount Elizabeth Hospital
    31 Thalassemia Major 2015 1 year 4 months Sibling Apollo Speciality Hospital
    32 Thalassemia Major 2015 2 years 1 month Sibling Queen Mary Hospital
    33 Thalassemia Major 2015 1 year 1 month Sibling University Malaya Medical Centre
    34 Cerebral Palsy 2015 1 year 7 months Self Duke University Hospital
    35 Cerebral Palsy 2015 5 years 6 months Self Mount Elizabeth Hospital
    36 Thalassemia Major 2017 5 years 2 months Sibling Tata Medical Center

    ^This Korea transplant case is utilized for twins case and is therefore considered 2 separate infusions for 2 children

    *Kindly note that this list shows the cord blood release track record of Cordlife Group Limited and subsidiaries for the treatment of various diseases. This should not be used as a reference for the list of treatable diseases by cord blood stem cells. In addition, banking your baby's cord blood does not guarantee that the stem cells will provide a cure or be applicable for every situation. The use would ultimately be determined by the treating physician.

    6 April 2017

  • Tentang Sel Punca Tentang Sel Punca

    Apakah sel punca darah tali pusat itu?

    Darah tali pusat, disebut juga “darah plasenta”, adalah darah yang tertinggal dalam tali pusat dan plasenta sesaat setelah bayi dilahirkan dan setelah tali pusat dipotong. Selama kehamilan, tali pusat berfungsi sebagai penghubung kehidupan antara ibu dan anak. Setelah bayi dilahirkan, darah tali pusat yang terdapat pada tali pusat dapat memberikan harapan pada anak dan keluarga lainnya.

    Darah tali pusat adalah sumber yang kaya dengan haematopoeitic stem cell (HSCs), yang secara mendasar bertanggung jawab terhadap pembentukan darah dan sistem kekebalan tubuh. Mereka memiliki kemampuan yang unik dapat berubah menjadi berbagai bentuk tipe sel lainnya dalam darah seperti digambarkan pada diagram dibawah ini.

    Beberapa penggunaan transplantasi darah tali pusat:

    • Mengganti dan meregenerasi sumsum tulang yang rusak atau yang sakit
    • Terapi untuk kanker darah
    • Memperbaiki kerusakan/defek genetic (melalui transplantasi alogenik / saudara)
    • Memiliki potensi untuk pengobatan secara selular ataupun untuk pengobatan regenerative
    Sel sel dalam darah tali pusat memiliki kemampuan yang unik dan dapat berdeferensiasi menjadi beberapa sel dalam darah, seperti yang tercantum dalam diagram dibawah ini:
    Darah Merah

    membawa oksigen ke semua sel dalam tubuh

    Darah Putih

    melawan infeksi

    Trombosit

    membantu pembekuan darah bila ada cedera