Download Info Pack

Bagaimana Menghilangkan Stretch Mark?




Stretch mark adalah guratan-guratan kecil yang muncul pada lapisan kulit Anda. Stretch mark terjadi pada kehamilan ketika lapisan kulit mengalami peregangan karena tubuh yang kian membesar. Biasanya stretch mark terdapat di atas perut, bawah perut, dan payudara.

Memijat kulit dengan krim, losion, minyak, tidak akan membuat bekas stretch mark hilang. Ibarat bekas luka, stretch mark akan memudar, tapi tidak bisa hilang total. Hanya, pemijatan ini akan membuat kulit Anda lebih halus dan kenyal. Anda tidak perlu menggunakan produk-produk mahal. Krim tubuh atau minyak alami asalkan cocok untuk kulit, itu saja cukup. Waktu demi waktu stretch mark akan memudar menjadi garis-garis halus yang menyerupai warna kulit Anda. Stretch mark akan terlihat jauh lebih baik setelah 6 bulan.

Meskipun tidak dapat menghilangkan stretch mark, olahraga dapat mengencangkan kulit yang memiliki stretch mark. Kombinasi olahraga dan mengonsumsi makanan sehat akan membuat perasaan Anda lebih baik terhadap bentuk tubuh Anda setelah melahirkan.

Krim kulit yang mengandung vitamin A, seperti tretinoin (Retin-A), hanya memberikan efek kecil dalam memperbaiki stretch mark. Kemungkinan dokter tidak akan meresepkan krim berbasis tretinoin karena penggunaannya berisiko jika Anda ingin hamil lagi. Sebaiknya Anda tidak coba-coba membelinya secara online juga, ya. Tretinoin dapat menyebabkan cacat janin. Efek krim ini terhadap stretch mark jauh lebih kecil dibandingkan risikonya.

Jika stretch mark belum memudar, Anda bisa menutupinya dengan mekap. Pilihan lain yang lebih mahal adalah perawatan, contohnya terapi laser. Konsultasi ke dokter sebelum Anda memilih perawatan. Dokter bisa saja punya cara lain untuk membuat Anda merasa nyaman dengan tubuh Anda.

Sumber:
Pahl, Karoline. 2017. “How Can I Get Rid of Stretch Marks?”. BabyCentre, Agustus 2017. Diakses tanggal 9 April 2020. https://www.babycentre.co.uk/x2432/how-can-i-get-rid-of-stretch-marks