Download Info Pack

Cara Ampuh Mengatasi Morning Sickness




Morning sickness (mual di pagi hari) sebenarnya tidak harus Anda alami. Banyak cara untuk membantu Anda merasa lebih baik. “Hanya karena morning sickness merupakan gejala umum kehamilan, bukan berarti Anda harus tersiksa karenanya. Racikan bahan-bahan tradisional yang berasal dari alam bisa membantu,” kata Marra Francis, M.D., obgyn di Woodlands, Texas, dan kontributor di Mommy MD Guides.

Makanan yang membantu mengatasi morning sickness
Pastinya ada alasan kenapa Anda merasa mual (halo, apa kabar, Hormon!), tapi Anda dapat mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang Anda buat sendiri. Bahan-bahannya bisa didapat di pasar atau supermarket.

1. Jahe
Tanaman akar-akaran ini populer dalam pengobatan tradisional Tiongkok karena khasiatnya yang mampu menjinakkan perut. Anda bisa mengonsumsi jahe dengan soda atau teh, atau kunyah permen jahe setiap kali merasa mual.

2. Makanan asam
Jika asam lambung sedang naik, apakah mengonsumsi makanan asam dapat membantu mengatasi morning sickness? Anehnya, bisa, lo! "Cobalah mengonsumsi makanan asam," kata Michele Hakakha, M.D., FACOG, obgyn di Beverly Hills, dan penulis buku Expecting 411. "Cobalah mengisap permen asam, menyesap air lemon, atau sekadar menghirup aroma makanan asam. Ada pasien saya yang ke mana-mana membawa lemon, dia menggaruk-garuk kulit lemon, lalu menghirup harumnya supaya merasa enakan.”

3. Daun mint
Harum daun mint dapat mengurangi rasa mual. Konsumsilah makanan atau minuman yang mengandung daun mint. Bonusnya, napas jadi lebih segar.

4. Biskuit asin atau roti panggang
Kedua makanan ini mengandung pati tanpa indeks glikemik tinggi dan mampu membantu menyingkirkan rasa mual.

5. Smoothies
Smoothies bisa menjadi pengganti makanan padat saat perut Anda sedang jungkir balik. Smoothies bermanfaat menetralkan asam lambung dan gula darah. Perut pun kembali tenang.

6. Trail Mix
Sejenis kudapan sehat kombinasi dari campuran buah, kacang, dan chocolate chips yang tidak terlalu manis. Kudapan ini membantu menunda rasa lapar tanpa membuat Anda merasa bersalah.

7. Vitamin B6
Sedikit tambahan vitamin B6 terbukti mengurangi gejala morning sickness pada beberapa pasien. “Minumlah 25 mg vitamin B6 tiga kali sehari sebagai vitamin tambahan untuk kehamilan Anda,” kata Dr. Hakakha.

8. Air, air, dan air
Jika Anda sering muntah, tingkatkan asupan cairan menjadi 10 gelas air per hari; 2 gelas lebih banyak daripada yang biasa direkomendasikan. Jika Anda kesulitan minum air, alternatif lain adalah mengonsumsi buah-buahan yang sudah dibekukan menjadi es batu atau es serut. Es Italia (mirip sorbet) atau lemon slush yang segar juga akan membuat Anda terhidrasi. Boleh pilih minuman isotonik untuk mengganti elektrolit yang hilang. Cobalah minum di antara jeda waktu makan besar. Jika Anda ingin minum selama makan, batasi jumlahnya agar perut tidak terlalu kenyang.

Hal terpenting adalah segera hubungi dokter jika Anda benar-benar tidak bisa makan atau minum apa pun selama 24 jam, terus-menerus kehilangan berat badan, atau mengalami dehidrasi.

Sumber:
Milbrand, Lisa, Suelain Moy, dan Laura Riley. 2018. “Morning Sickness Remedies That Really Work”. Parents, 19 Juli 2018. Diakses tanggal 8 April 2020. https://www.parents.com/pregnancy/my-body/morning-sickness/morning-sickness-remedies-that-really-work/