Download Info Pack

Dessert yang Harus Dihindari Ibu Hamil




Selain kukis manis, kue, dan permen, masih ada beberapa makanan yang berbahaya bila dikonsumsi, tapi jarang diperhatikan oleh wanita hamil. Berikut penjelasannya.

Licorice(akar manis) Permen licorice mengandung glisirizin harus dihindari oleh wanita hamil karena bisa berdampak buruk pada perkembangan otak janin jika dimakan dalam jumlah besar.

Tiramisu, chocolate mousse, dan meringue mentah Resep bahan-bahan makanan ini biasanya dicampur dengan telur mentah. Jangan mengonsumsinya karena ada risiko terkontaminasi salmonella.


Tips membuat dessert sehat
Ada beberapa cara untuk meningkatkan nutrisi di dessert Anda. Berikut beberapa tips sederhana yang bisa membantu.

1. Madu
Madu menyebabkan kadar gula darah naik lebih lambat daripada ketika Anda mengonsumsi gula putih. Inilah keunggulan madu dibandingkan pemanis biasa. Selain itu, rasa madu lebih manis sehingga Anda hanya perlu menambahkannya sedikit saja ke dalam dessert Anda. Madu juga mengandung beberapa antioksidan.

2. Sirup Maple
Sirup maple mengandung mineral, antioksidan, dan nutrisi. Sirup maple lebih rendah gula (fruktosa dan sukrosa) daripada madu. Jadikan sirup maple sebagai salah satu pemanis pilihan di keluarga Anda.

3. Panggang sendiri
Cara untuk bisa mengonsumsi dessert panggang yang sehat, seperti kukis, kustar atau kue tar, adalah dengan membuatnya sendiri. Anda dapat mengontrol bahan-bahannya, sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda mengonsumsi dessert versi paling sehat.

Sumber:
Steel, Tanya. 2018. “What to Eat for Dessert During Pregnancy”. What to Expect, 10 Agustus 2018. Diakses tanggal 9 April 2020.https://www.whattoexpect.com/pregnancy/pregnancy-health/dessert-during-pregnancy/