Download Info Pack

Makanan yang Harus Dihindari Selama Kehamilan




Manusia penting mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dan anjuran ini lebih penting lagi ditaati oleh ibu hamil. Nutrisi esensial, vitamin, dan mineral membantu tumbuh kembang bayi. Sebenarnya, sebagian besar makanan aman, tapi ada beberapa makanan yang harus Anda hindari selama kehamilan.

1. Daging mentah
Makanan laut mentah dan daging sapi atau daging unggas dengan tingkat kematangan rare harus dihindari karena memiliki risiko terkontaminasi bakteri koliform, toksoplasmosis, dan salmonella.

2. Ikan yang mengandung merkuri
Ikan yang mengandung merkuri dengan kadar tinggi harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan terlambatnya perkembangan, bahkan kerusakan otak pada janin. Contoh ikan yang mengandung merkuri adalah ikan hiu, ikan pedang, ikan tenggiri raja, dan tilefish. Ikan tuna kaleng biasanya mengandung merkuri dengan kadar lebih rendah dibandingkan dengan tuna lainnya, tapi tetap hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang, ya.

3. Makanan laut asap
Makanan laut asap yang didinginkan berlabel Lox, Nova Style, Kippered, atau Jerky harus dihindari karena kemungkinan terkontaminasi bakteri listeria. Makanan-makanan ini aman dikonsumsi jika mereka menjadi bahan dalam makanan yang dimasak seperti casserole. Makanan laut asap yang dikalengkan biasanya aman dikonsumsi.

4. Telur mentah
Telur mentah atau makanan apa pun yang mengandung telur mentah harus dihindari karena berpotensi terpapar salmonella. Beberapa saus caesar homemade, mayones, es krim homemade atau kustar, dan saus Hollandaise, dibuat dari telur mentah. Jika makanan ini dimasak, paparan salmonella akan berkurang. Es krim, saus, dan eggnog yang diproduksi secara komersil, dibuat dengan telur yang dipasteurisasi untuk menghindari risiko terpapar salmonella. Restoran juga harus menggunakan telur yang dipasteurisasi dalam resep masakan yang mengandung telur mentah, seperti saus Hollandaise atau saus lainnya

5. Keju lembut
Keju lembut impor kemungkinan mengandung bakteri listeria. Anda perlu menghindari keju lunak, seperti Brie, Camembert, Roquefort, Feta, Gorgonzola, dan Mexican-style cheeses termasuk Queso Blanco dan Queso Fresco, kecuali keju-keju ini disebutkan terbuat dari susu pasteurisasi. Semua keju lunak nonimpor yang terbuat dari susu pasteurisasi aman dikonsumsi.

Sumber:
Tim American Pregnancy Association. “Foods to Avoid During Pregnancy”. American Pregnancy Association. Diakses tanggal 8 April 2020. http://americanpregnancy.org/pregnancy-health/foods-to-avoid-during-pregnancy/